Apa Itu Cache? Apakah Harus Dihapus dari Smartphone?

Isi HPK DiSini


Setiap smartphone pasti memiliki sebuah sistem penyimpanan data untuk memudahkan prosesor dalam bekerja. Salah satunya adalah data cache, setiap aplikasi di smartphone android kita pasti akan memiliki data cache.

Tapi apa kamu tahu cache itu apa? Apakah cache harus dihapus atau tidak? Kalau kamu belum tahu apa itu cache Jaka akan beri penjelasannya secara sederhana ke kalian. Berikut penjelasan apa itu cache dan apakah cache harus dihapus.

Penjelasan Apa itu Chace dan Apakah Cache Harus Dihapus

Secara sederhana cache adalah data bersifat sementara yang disimpan pada sistem penyimpanan internal smartphone. Data cache ini mencatat semua aktivitas kamu saat menggunakan sebuah aplikasi. Cache berguna untuk membuat kerja smartphone saat mengakses sebuah aplikasi jadi lebih cepat.

Contohnya begini, kamu membuka aplikasi browser lalu mengakses situs Facebook dengan menulis alamat web nya di kolom pencarian. Melakukan login, menyimpan password, dan membuka galeri foto. Semua data kamu akan disimpan dalam data cache.

Sehingga ketika besok kamu membuka browser dan ingin mengakses situs Facebook, kamu tidak perlu lagi menulis alamat web serta login lagi karena data kamu sebelumnya suda tersimpan di data cache. Aksesnya pun menjadi lebih cepat. Jadi sudah paham kan apa itu cache?

Apa Data Cache Harus Dihapus?


Setelah tahu soal cache itu apa kini ke masalah selanjutnya. Apa cache harus dihapus? Data cache memang bermanfaat untuk efisiensi waktu serta kecepatan smartphone mengakses sebuah aplikasi. Tapi jika data cache terlalu besar justru akan membuat kinerja smartphone menjadi lemot karena memori internal yang kepenuhan.Jadi, sebaiknya kamu menghapus data cache secara rutin. Tidak perlu setiap hari, bisa lakukan 2 hari sekali atau seminggu sekali saja. Atau kamu juga bisa menghapus data cache kapanpun ketika kamu merasa kinerja smartphone mulai lemot.

Bagaimana Cara Menghapus Cache di HP Android?

Ada 2 cara mudah menghapus cache yang bisa kamu lakukan guys. Menggunakan cara manual atau bisa juga menggunakan aplikasi tambahan. Begini cara hapus cache di HP android :


1. Cara Hapus Cache tanpa Aplikasi

Cara hapus cache tanpa aplikasi hanya butuh beberapa langkah sederhana. Begini tahapannya : Pertama, buka menu pengaturan di smartphone android kamu. Setelah itu masuk ke Menu Apps, pilih aplikasi mana yang ingin kamu hapus cache.

Setelah masuk di dalam menu aplikasi, tap pada pilihan Clear Chace. Dengan begitu semua cache akan terhapus. Ketika kamu membuka aplikasi, kamu seperti membuka aplikasi untuk pertama kalinya.

Cara ini memang cukup merepotkan karena kamu harus menghapus satu per satu. Kalau kamu ingin menggunakan cara yang lebih praktis, coba instal aplikasi tambahan guys

2. Cara Menghapus Cache Menggunakan Aplikasi

Menggunakan aplikasi tambahan akan membuat proses menghapus cache lebih mudah dan lebih cepat. Ada beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa kamu coba guys. Ini dia :


Akhir Kata

Itu dia guys penjelasan mengenai apa itu cache dan cara menghapus cache dari Jaka. Semoga penjelasan tentang apa itu cache bisa membantu kamu ya. Semoga bermanfaat!



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Itu Cache? Apakah Harus Dihapus dari Smartphone?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel