6 Tips Agar Ponsel Pintar Tak Lekas Panas Saat Dipakai

Isi HPK DiSini


Salah satu permasalahan pemakai ponsel adalah mudahnya ponselpanas. Tidak seperti komputer, smartphone tidak memiliki pendingin otomatis. Jika dipakai terus menerus baik untuk bermain game atau berselancar, terkadang ponsel lekas panas dan terasa di telapak tangan.

Meningkatnya suhu pada ponsel pintar disebabkan karena penggunaan berlebihan sehingga kinerja baterai pada ponsel menjadi panas. Selain itu, kinerja prosesor atau komponen lain pada ponsel pintar juga bisa menimbulkan panas berlebihan.

Jika sudah panas sebaiknya berhentilah sejenak dan biarkan ponsel istirahat. Suhu panas ponsel sebetulnya berbahaya karena ponsel bisa meledak atau terbakar saat suhu semakin meninggi. Untuk itulah, pengguna harus mengerti betul penyebab suhu pada ponsel meningkat agar terhindar dari hal-hal membahayakan.

Untuk mengurangii dan mencegah ponsel mengalami overheat, ikuti 7 tips di bawah ini.

1. Jangan memakai aplikasi berlebih

Ponsel bisa panas akibat beban kerja berat. Sebenarnya wajar jika ponsel terasa panas setelah memainkan game 3D, mengedit video, atau melakukan banyak pekerjaan sekaligus (multi tasking). Efek yang terjadi biasanya daya baterai smartphone cepat terkuras. Jika smartphone bekerja terlalu berat, kinerja akan melamban untuk mencegah overheating. Generasi smartphone terbaru biasanya memiliki hardware lebih bertenaga dibanding sebelumnya. Artinya, aplikasi dan game yang tersedia juga bakal membutuhkan kekuatan lebih. Oleh karena itu segera hentikan jika ponsel sudah panas. Matikan atau tutup alplikasi yang tidak dipakai.


2. Matikan jika tidak ada sinyal

Sinyal atau jaringan yang tidak selalu dalam keadaan baik membuat kinerja smartphone meningkat lantaran terus mencari jaringan secara berlebih. Akibatnya, komponen ponsel jadi panas. Jika posisi saat dipakai sedang minim sinyal, sebaiknya segera matikan ponsel dalam posisi Aeroplane Mode. Aktivitas pencarian sinyal cukup memberikan pengaruh pada proses kinerja ponsel yang terus menerus mencari ketersediaan jaringan.

3. Jangan mengoperasikan saat diisi daya

Ponsel sebaiknya jangan digunakan saat mengisi daya. Selain memperburuk kondisi baterai, hal itu membahayakan, karena ponsel akan lebih cepat panas. Jika sudah seperti itu, ponsel berisiko meledak atau bahkan terbakar. Saat ini sudah ada beberapa ponsel yang didukung teknologi VOOC Flash Charging. Teknologi tersebut mempersingkat waktu ponsel untuk mengisi daya.

4. Jangan terkena langsung matahari

Jangan pernah membiarkan smartphone terpapar sinar matahari langsung dalam waktu lama, karena dapat menyebabkan smartphone mati dan tidak bisa digunakan kembali. Selain itu, kebiasaan meninggalkan smartphone di bawah sinar matahari atau di dalam mobil dimana cahaya bisa menembus kaca tidak baik. Untuk mendinginkan ponsel yang panas akibat sinar matahari, segeralah non-aktifkan smartphone. Setelah itu letakkan di tempat yang teduh.

5. Pakailah charger asli

Kasus meledaknya smartphone sering disebabkan karena kesalahan menggunakan perangkat charger dari pihak ketiga atau bukan asli bawaan pabrik. Kejadian seperti itu kerap dilupakan oleh setiap orang. Biasanya, jika kondisi baterai ponsel lemah, pengguna smartphone akan panik dan sembarang meminjam pengisi daya ponsel lain. Pada dasarnya, pabrik smartphone sudah menyediakan charger yang disesuaikan dengan daya yang dibutuhkan. Tiap pengisi dayanya akan berbeda kemampuan.

6. Hapus virus atau malware

Penyebab lain ponsel jadi cepat panas adalah adanya virus atau malware yang menyerang ponsel. Virus atau malware ini dapat membajak dan merusak apapun yang ada di dalam ponsel kamu. Ponsel pun menjadi gampang panas karena virus-virus ini menghambat kerja sistem smartphone sehingga tidak bisa bekerja optimal dan harus bekerja lebih keras. Atasi ini dengan cara meng-install aplikasi anti-virus agar smartphone kamu bisa membasmi virus yang menempel di sistem. Lakukan pula scanning rutin untuk agar smartphone kamu selalu aman dari malware-malware yang tidak diinginkan.




Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Tips Agar Ponsel Pintar Tak Lekas Panas Saat Dipakai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel